stadium generalTeknik Pertambangan

Stadium General Teknik Pertambangan bertajuk MINERAL & COAL ECONOMICS STANDS IN NEED

Stadium General Teknik Pertambangan bertajuk MINERAL & COAL ECONOMICS STANDS IN NEED 27 April 2021

Program studi Teknik Pertambangan mengadakan Stadium General Bertajuk “Mineral annd Coal Economics Stands in Need”, via zoom meeting yang di ikuti oleh mahasiswa maupun peserta umum Selasa (29/04/2021). Kegiatan tersebut mendatangkan narasumber dari PT Kaltim Prima Coal Swarga Bara, yaitu Yusef Pany, S.T., M.T. selaku staf.

Sekretaris Jurusan Intan Andriani S.Si., M.T. dalam pembukaan menyampaikan di bulan Ramadhan ini kita memulai hari dengan menimba ilmu, semoga mendapatkan insight terkait keilmuannya dari serangkaian kegiatan Stadium Generale yang telah di susun oleh bapak ibu dosen Teknik Pertambangan ITERA. Sebagai informasi, Program Studi Teknik Pertambangan baru dibentuk pada bulan November 2018 dan baru memiliki 2 angkatan, sehingga kegiatan ini sangat positif untuk membrikan wawasan kepada mahasiswa bagaimana industri di pertambangan itu sendiri. Semoga kegiatan ini dapat berjalan lancar dan selamat menjalankan seminar.

Disusul dengan pembukaan oleh Rahmat Fadhilah, S.T., M.T. , selaku koordinator program studi Teknik Pertambangan menyampaikan bahwa Ekonomi menjadi inti dari semua kegiatan dari hulu sampai hilir. Tidak mungkin kita melakukan eksplorasi, development, operasi, pemurnian, penjualan tanpa ada faktor ekonomi atau factor keuntungan. Kegiatan penembangan tidak akan berkah jika tidak bisa jual, barang akan numpuk, alam juga berubah, dari segi lingkungan juga pasti akan ada dampaknya. Akan tetapi, jika kita memasukan faktor ekonomi semuanya akan menjadi manfaat, baik dari proses mencari sampai dengan menjual akan ada manfaatnya untuk semua orang yang ada di dalam lingkaran proses tersebut. Pemateri kali ini sangat cocok dengan tema kita terkait ekonomi mineral.

Yusef Pany, S.T., M.T. juga dalam penuturan materinya menyebut bahwa Pertimbangan ekonomi menjadi suatu hal yang penting dalam perencanaan tambang. Ekonomi menirel sangat penting dalam pertambangan karena memiliki dampak positif untuk daerah. Tujuan dari industri pertambangan untuk pemanfaatan SDA dami kesejahteraan rakyat dan meningkatkan pendapatan daerah. Melihat keekonomisan dalam bidang industri pertambangan harus memperhatikan pertimbangan ekonomi pada pembukaan tambang. Dan mempertimbangkan apakah pembukaan tambang itu menguntungkan atau tidak. Aplikasi Teknik pertambnagan dalam skala perusahaan selain dapat bekerja di bagian technical atau engineering, seorang sarjana teknik pertambanagan juga dapat bekerja pada business analyst, improvement project dan supply chain. Aplikasi Teknik pertambnagan dalam skala pemerintahan dapat mengawasi dan membina perusahaan untuk pengelolaan tambang yang baik, pengusahaan minerba serta regulasi dan kebijakan.[JTMB]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *